Header Ads

test

Harapan Ekonomi Melangit Gelar Potensi Seleksi Bibit



KIM Desa Selur - Momen HUT merupakan momen istimewa bagi setiap komunitas. Banyak yang memperingatinya dengan berbagai macam kegiatan, seperti salah satu komunitas peternakan  kambing etawa yang berada di Bowongan, RT 01/RW 02, Dukuh Putuk, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-17 tahun, Komunitas yang diberi nama Bontil Group ini memperingatinya dengan mengadakan acara bertema "Gelar Potensi Seleksi Bibit 2019".

Acara tersebut dilaksanakan pada hari sabtu, 14 September 2019. Tujuannya adalah untuk melihat potensi-potensi yang ada di masing-masing anggota Bontil Group, sekaligus menyeleksi bibit/pemilihan bibit yang baik. Banyak antusias warga yang datang ke lokasi. Selain itu, juga dihadiri oleh Bapak Hadi Rustiyono selaku Camat Ngrayun, Penyuluh Pertanian, Penyuluh Kehutanan, dan teman-teman dari berbagai komunitas di berbagai wilayah, termasuk dari luar kecamatan dan kabupaten. 

Gelar potensi kambing ternak itu sudah melakukan recording selama beberapa tahun terakhir. Pentingnya recording yaitu untuk mengambil silsilah agar tidak terjadi perkawinan sedarah. Sehingga meminimalisir terjadinya kegagalan beternak. Dimas Kukuh dari Cepoko mengatakan, "Acara berjalan dengan lancar dan berhasil merecording beberapa garis keturunan dari ternak-ternak yang sudah dikembangkan biakkan menjadi ujung tombak ke depan untuk menyilangkan kambing yang sudah ada". Dari hasil tersebut, sudah mampu memberi dampak ekonomi yang melangit, juga memberi dampak lebih intensif dalam beternak. 

Puncak dari acara tersebut yaitu dilanjutkan dengan acara ngopi bareng dan potong tumpeng yang dihadiri oleh anggota dan komunitas peternak dari berbagai wilayah. Bontil group sendiri diketuai oleh Sasmoyo Yudhi Hantarno yang akrab dipanggil Pak Oedick. 

Komunitas ini berdiri pada tanggal 08 Agustus 2007. Tujuan peternakan ke depannya yaitu untuk mengambil bibit-bibit terbaik. "Harapan untuk kedepannya, acara ini bisa diagendakan rutin, menjadi sebuah agenda tahunan, sehingga mutu dan kualitas ternak ini bisa terjaga."  tutur Pak Oedick. (trm)

Tidak ada komentar