Header Ads

test

Kekeringan Masih Berderak Tagana Mulai Bergerak


Foto Sahabat Tagana Desa Selur membuat sumur penyaring air bersih

KIM Desa Selur - Kekeringan merupakan salah satu bencana yang sering dikeluhkan oleh masyarakat sekitar. Hujan yang tak kunjung datang membuat keberadaan air bersih semakin langka. Ketika masih terdapat sumber air bersih di suatu tempat yang jauh mereka berbondong-bondong datang mengantri untuk mengambil air tersebut bahkan ada yang berprinsip siapa cepat dia yang dapat sehingga tidak semua mendapat air bersih. Melihat kondisi tersebut sahabat TAGANA ( Taruna Siaga Bencana) Desa Selur tidak tinggal diam. Meskipun organisasi ini baru saja dikukuhkan oleh Camat Ngrayun bulan lalu namun mereka sudah mulai bergerak nyata dalam masyarakat.
Pada hari selasa tanggal 12 November 2019 Sahabat Tagana Desa Selur mulai berinisiatif untuk membuat sumur darurat. Penggalian sumur ini dilaksanakan di pinggir sungai Ngasinan desa selur. Meski beratap terik sang Surya namun semangat mereka tetap membara. Menurut Ketua Tagana Desa Selur, tujuan dari sumur darurat ini adalah sebagai droping air bersih di masyarakat selur yang mengalami kekeringan.
"Dengan adanya sumur darurat yang mempunyai kedalaman 1 M dan panjang 2 M lebih 1,5 M ini tujuannya adalah sebagai droping air bersih, diharapkan bisa membantu masyarakat sehingga tidak kesulitan mencari air dalam masa kekeringan ini." tutur Sucipto Ari Adam selaku Ketua Tagana Desa Selur.  
Tagana ( Taruna Siaga Bencana)  bukan hanya bertugas saat kejadian bencana di suatu tempat namun juga melakukan kegiatan untuk mencegah bencana /mengurangi dampak bencana salah satunya adalah menggali sumur darurat ini. Dengan adanya sumur darurat ini masyarakat masih bisa mendapatkan air bersih di musim kemarau seperti sekarang ini. Seperti dalam HR. BUKHORI dikatakan bahwa sebaik-baiknya manusia diantara kamu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. Semoga dengan adanya Sahabat Tagana ini bisa membantu masyarakat yang memerlukan bantuan serta membantu alam agar senantiasa bersahabat. (mt)

Tidak ada komentar